Event: Jakarta Toys Invasion 2012

Standard

Pada tanggal 16-17 Juni 2012, digelar acara bazaar mainan “Jakarta Toys Invasion 2012” yang diselenggarakan oleh Komunitas Action Figure Indonesia (KAFI). Bertempat di Graha Jala Puspita Jl Gatot Subroto. Diikuti lebih dari 30 stand, acara ini dilangsungkan sebagai salah satu pengisi liburan bagi anak-anak sekolah. Beragam jenis mainan hadir di sini, hasil pengamatan SOTOYS tampak bahwa banyak hadir mainan mobil-mobilan Die-cast, terutama yang berukuan 1/64. Indomaret menggelar stand Hot Wheels yang ramai dikunjungi pengunjung dan juga para sellers.

Suasana di dalam Jakarta Toys Invasion ’12.

Stand Hot Wheels menghadirkan mobil-mobil serta track yang terbaru.

Selain die-cast, action figure juga masih meramaikan bazaar Jak Toys Invasion. Tidak terlalu banyak hadir figur 12″, namun figur 3,75″ serta 6″ baik lama atau keluaran terbaru ramai tersebar. Lalu selain mainan juga banyak stand yang menjual Acara JTI ini diramaikan juga dengan beragam acara di panggung antara lainnya ada penampilan band-band indie seperti Kripik Peudeus, Raksasa, hingga The Brandals. Lomba Cosplay juga ada pada hari sabtu, sedangkan di hari minggu  panggung diisi dengan acara lelang mainan serta dialog antara musisi serta koleksi mainannya.

Action figure tumpah ruah di JTI’12.

Salah satu stand pakaian di JTI, yaitu stand KDRI (Kementrian Desain Republik Indonesia).

JTI juga menyediakan beragam kompetisi seperti lomba meng-custom mainan serta photo contest. Untuk lomba mainan custom, ada 2 kategori yaitu action figure serta urban toys, dimana peserta menggunakan bahan figur yang sama untuk kemudian diubah sesuai dengan kreatifitas dan visi peserta.

Sementara lantai bawah terisi ramai dengan stand-stand mainan, sayangnya lantai atas kurang digarap maksimal. Lantai 2 seharusnya berfungsi sebagai tempat para komunitas mainan berkumpul dan memamerkan koleksi/kegiatan mereka. Namun mungkin karena pesertanya sedikit, hanya tampak ada 9-10 stand komunitas. Kondisi pameran stand juga kurang rapih dikarenakan tiap meja tidak dilapisi kain penutup. Selain sebagai pameran komunitas mainan, lantai dua juga menjadi tempat pameran seni yang bertema kesenian dan mainan, “Toyeurism”. Namun sayangnya pameran ini juga berjalan kurang maksimal karena masih terasa banyak ruang kosong.

Stand Komunitas Dragon Ball Indonesia.

Overall, Jakarta Toys Invasion adalah acara bazaar mainan yang cukup okay. Mainan yang dijual di sini beragam, serta jika Anda cukup jeli banyak mainan yang ditawarkan dengan harga super menarik. Acara-acara di panggung juga cukup menghibur, kecuali mungkin acara diskusi yah.. Hehehehe, mungkin tahun depan diisi acara stand-up comedy? Kayaknya lucu juga jika ada comic yang bisa melucu dengan tema fanboy-comic geek.

Gallery  (Klik untuk perbesar gambar)

Arno memimpin lelang mainan yang berlangsung dengan meriah dan kocak.

Diskusi bersama David (Kripik Peudeus) Eka (The Brandals) dengan host Dadi (Superglad)

Pameran foto para musisi band dengan mainannya.

Pameran “Toyeurism” mengisi lantai atas.

Hasil dari beberapa peserta kompetisi custom die-cast.

Figur Darth Maul ini aslinya adalah figur Sinistro yang di-custom oleh seorang peserta kompetisi custom figure.

Figur baru dan vintage kumpul jadi satu.

Hasil loot SOTOYS selama 2 hari JTI😀

One thought on “Event: Jakarta Toys Invasion 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s