Review: Marvel Legends: Captain America

Standard

Seri: Marvel Legends 2012 Wave 2

Tahun: 2011

Produsen: Hasbro

Jenis: Action Figure

Tinggi: 6″

Harga: Rp. 279.000,-

Fitur dan aksesoris:

  • Shield
  • Pistol
  • Knife
  • Build-A-Figure Arnim Zola: Right leg
  • Tales of Arnim Zola

Informasi:

Justice and Virtue have found their Champion…..A soldier named Captain America!

Review:

Bagi penggemar komik Marvel, pasti sudah kenal akan seri action figure ternama Marvel Legends (ML). ML menjadi favorit banyak penggemar mainan karena memiliki artikulasi yang banyak sehingga bisa diatur ke beragam pose serta detail figur yang baik. Setelah berjalan dari 2002-2006 di bawah Toybiz dan menghasilkan 15 seri, ML diambil alih oleh Hasbro pada tahun 2007. lalu Hasbro kembali memproduksi hingga 9 seri sampai pada tahun 2009. Akibat penurunan penjualan, dikabarkan jika seri ML dihentikan dan dilanjutkan dengan figur berukuran 3.75″ dengan nama Marvel Universe.

Kini pada tahun 2012 Marvel Legends kembali lagi hadir, dengan figur-figur baru dan tetap mengusung bagian “Build-A-Figure”. Ada 2 seri yang hadir di toko sekarang, dan SOTOYS mengambil figur dari seri 2, Captain America. Figur Captain America ini berdasarkan kisah komik Marvel tahun 2008, dimana Steve Rogers “tewas tertembak” dan teman perangnya, Bucky mengambil alih sebagai Captain America. Jadi bisa dibilang ini adalah Captain America versi Bucky, dimana di komik hal ini berlangsung hingga 2011, saat Steve Rogers yang hidup lagi kembali mengenakan kostum Captain America.

Captain “Bucky” America

Sekian seputar sejarah Marvel Legends dan komik Captain America, kini kita langsung membahas figur sang Captain. Figur ini hadir dengan aksesoris perisai, pistol dan pisau. Juga bagian dari BAF yaitu kaki kanan dari Arnim Zola. Captain America hadir dengan banyak artikulasi sesuai standar ML serta memiliki desain badan dan muka yang bagus sehingga ia terlihat meyakinkan sebagai Captain America.

Ada peningkatan pada artikulasi figur ini, bagian kepala bisa dibuat mendongak atau menunduk ke bawah serta bagian pergelangan kaki juga lebih fleksibel hingga bisa dibuat untuk beragam pose yang dinamis.

Artikulasi yang bagus membuat Cap bisa berpose seperti ini

SOTOYS menyukai cat yang membuat figur ini tampak kinclong metalik. Sayang bagian pinggang ke bawah yang dicat hitam semua membuatnya agak sedikit membosankan. Andai saja bagian ikat pinggangnya diberi cat lebih bervariasi, mengingat banyak barang-barang yang dipasang di situ seperti sarung pisau, sarung pistol, tempat minum dan kantung-kantung lainnya yang dibuat cukup detail. Senjata pistol dan pisau dapat digengam dengan baik di kedua tangan. Paling hanya pisau yang agak sedikit susah untuk dikenakan.

Dont bring a knife to a gun fight. So Bucky decided to bring all.

Perisai Captain America memiliki fitur yang tak ada dalam seri ML sebelumnya. Ia memiliki pegangan yang dapat berubah sesuai fungsinya, bentuk cincin terbuka untuk dijepitkan di pergelangan tangan, lalu jika diputar bisa bentuk batak untuk ditancapkan ke punggung atau dipegang di tangan. Jadi Captain America bisa menggendong perisai di punggung tanpa harus repot mengatur tali pengikatnya.

Perisai bisa di tangan atau ditancapkan di punggung.

Secara keseluruhan, figur ini menyenangkan untuk dikoleksi, apalagi jika Anda penggemar Captain America. Walaupun bukan Steve Rogers yang menjadi si Captain, tapi Captain Bucky sukses mewakili apa yang seorang Captain America bisa lakukan. Artikulasi menjadi keunggulan dari figur ini. Welcome back, Marvel Legends, jadi tidak sabar untuk melihat seri-seri berikutnya.

Rating: 7,5 / 10

Gallery (Klik gambar untuk diperbesar)

Justice the American way!

Sedikit susah untuk memegang pisaunya, tapi bisa untuk berpose seperti ini.

On your mark… ready…

Captain and his mighty shield.

When Captain America throw his mighty shield….

“I won’t let you down, Steve…”

Unleashed The Shield!

Three-point-landing, all The Avengers members must master it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s